Tips Parenting untuk Menumbuhkan Kesabaran pada Si Kecil
Lifestyle

Tips Parenting untuk Menumbuhkan Kesabaran pada Si Kecil

Anda pasti setuju bahwa semua orang di dunia ini tidak suka menunggu. Baik itu anak kecil maupun orang tua. Pada saat Anda sedang mengantre bersama si kecil, bisa jadi ia akan marah-marah. Namun ternyata ada tips-tips khusus yang dapat melatih kesabaran sang buah hati. Berikut tips parenting menumbuhkan kesabaran pada sang buah hati.

Beri Si Kecil Kesempatan Latihan Menunggu

Demi menumbuhkan sikap sabar si kecil memang diperlukan latihan secara terus menerus. Sebenarnya cara melatih kesabaran pada sang buah hati tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan kesempatan menunggu untuk si kecil. Dengan demikian, maka si kecil akan terbiasa dan tanpa disadari bisa menumbuhkan kesabaran pada anak.

Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang sabar dan terbiasa menunggu merupakan anak yang memiliki kemampuan khusus untuk mengalihkan perhatian. Contohnya, mereka akan bermain atau bernyanyi di depan cermin ketika ia harus menunggu sesuatu. Pada umumnya, seorang anak akan berlatih dengan sendirinya ketika disuruh untuk menunggu.

Percaya bahwa Anak Dapat Mengendalikan Sikapnya

Memberikan kepercayaan pada sang buah hati merupakan kunci utama untuk melatih kesabaran pada si kecil. Ternyata hal ini juga memerlukan latihan. Cara melatihnya juga tergolong mudah. Saat anak mengambil mainan dan menaruhnya sembarangan, mintalah sang anak untuk mengembalikannya kembali dengan sabar dan jangan lupakan kontak mata.

Ternyata tips parenting mengajarkan kedisiplinan pada si kecil mampu membangun pemahaman, bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Untuk itu, berikan contoh yang baik sesering mungkin pada si kecil. Dengan demikian maka secara tidak langsung anak akan memahami setiap cara dan proses yang diberikan.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengajarkan sang buah hati mengenai batasan yang harus ia hindari. Meskipun begitu, Anda juga harus menunjukkannya dengan rasa cinta demi melatih mental si kecil. Apabila anak terbiasa mendapatkan cinta dan kasih sayang tanpa mengenal adanya batasan dari perilakunya, maka ia cenderung akan menjadi anak yang kurang peka.

Menanggapi Anak dengan Penuh Kesabaran

Ternyata orang tua juga harus memiliki kesabaran ekstra demi mengajari kesabaran pada si kecil. Contohnya, ketika Anda sedang berada di dapur untuk menyiapkan sarapan dan si kecil meminta tisu. Jelaskan secara sabar dan perlahan bahwa Anda akan mengambilkan tisu tersebut dalam beberapa menit lagi.

Dengan menanggapi semua siap si kecil dengan sabar dan tenang, maka Anda juga sedang mengajarkan, bahwa ia bukan satu-satunya pusat perhatian. Dengan demikian, secara tidak langsung anak pun akan lebih memahami kalau ada hal lain di luar lain yang perlu diperhatikan.

Demikian beberapa tips parenting untuk mengajarkan kesabaran pada sang buah hati. Ternyata rasa sabar dapat dilatih sejak dini. Lakukan beberapa tips di atas demi menumbuhkan rasa sabar kepada si kecil. Lakukan tips-tips di atas dengan sabar dan penuh perhatian agar si kecil tidak merasa terbebani. Kelak, sikap yang terus-menerus dilatih akan berdampak besar ketika sudah dewasa.