Jenis Gangguan Kesehatan yang Ditangani Spesialis Penyakit Dalam
Kesehatan

Ini Dia Jenis Gangguan Kesehatan yang Ditangani Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi-Hepatologi)

Dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi-hepatologi) adalah dokter yang memiliki keahlian dalam bidang menangani dan melakukan langkah pengobatan sampai tuntas berbagai penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan, seperti gangguan kesehatan pada organ hati, lambung, usus, pankreas, rektum dan empedu. Untuk dapat menjadi dokter spesialis dalam bidang ini, Anda harus menempuh pendidikan sebagai dokter umum kemudian melanjutkan study sebagai dokter spesialis penyakit dalam kesehatan pencernaan yang umumnya akan ditempuh dalam jangka waktu 5-6 tahun.

Dokter spesialis kesehatan pencernaan ini biasanya akan menangani secara khusus pasien yang memiliki keluhan pada semua organ yang melakukan proses pencernaan makanan, penyerapan gizi dan berbagai nutrisi, serta pengeluaran sisa metabolisme dari dalam tubuh. Atau lebih spesifik berikut akan kita bahas beberapa jenis penyakit dalam yang ditangani langsung oleh dokter ini, antara lain:

  • Gangguan asam lambung.

Pola makan yang tidak teratur biasanya menjadi penyebab utama asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan atau esofagus. Gejala yang dirasakan adalah seperti nyeri di bagian ulu hati atau sensasi terbakar pada bagian dada.

  • Hepatitis.

Peradangan yang terjadi pada organ hati atau liver menjadi penyebab utama penyakit hepatitis. Sebenarnya kondisi ini disebabkan oleh virus yang ditandai dengan gejala berupa tubuh yang tampak seperti menguning, perut begah demam disertai keringat dingin.

  • Radang pankreas.

Keadaan enzim pada saluran pencernaan yang tidak seimbang berujung pada peradangan didalam pankreas. Jika tidak segera ditangani kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain yang lebih parah.

  • Tukak lambung.

Kondisi ini terjadi akibat terdapat luka pada dinding lambung yang diakibatkan oleh pengikisan diare lapisan dinding lambung dan biasanya ditandai dengan sakit pada ulu hati maupun nyeri lambung hebat.

Selain menangani beberapa gangguan kesehatan pencernaan seperti di atas, dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi-hepatologi) juga memegang kendali penuh pada pasien yang mengalami sindrom irritable bowel. Ini merupakan gangguan kesehatan jangka panjang yang terjadi pada sistem pencernaan dan biasanya menyerang bagian usus besar. Gejalanya dapat ditandai dengan perut kembung, diare atau mual yang sering datang. Akan tetapi, umumnya pada usia 50 tahun ke atas akan lebih rentan terkena penyakit tersebut dibandingkan usia remaja.

Dokter spesialis penyakit saluran pencernaan sudah pasti memiliki pengetahuan mengenai berbagai jenis penyakit seperti di atas, sehingga langkah selanjutnya yang akan diambil setelah Anda melakukan konsultasi adalah diagnosis penyakit, kemudian melakukan langkah penanganan paling awal. Jika diperlukan terkadang Anda juga akan diminta untuk menjalani berbagai tes lab tambahan untuk memastikan diagnosa yang telah di buat. Anda juga sebaiknya waspada sedini mungkin, jika mendapati salah satu gejala penyakit dalam, karena gangguan kesehatan pencernaan dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Demikian ulasan mengenai jenis gangguan kesehatan yang akan ditangani langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi-hepatologi). Sebagai langkah pencegahan, Anda dapat segera melakukan periksa ke dokter jika timbul salah satu gejala seperti sakit maag yang tidak segera membaik dan sering kambuh, sakit perut atau nyeri ulu hati, terlebih lagi jika sulit menelan makan tanpa sebab yang jelas. Selain itu, melakukan medical checkup secara rutin juga dapat sebagai langkah antisipasi yang tepat agar dapat segera melakukan penanganan jika terjadi gangguan kesehatan tertentu terutama jenis penyakit dalam yang dapat berakibat fatal jika telat ditangani.