Bahan yang bagus dan nyaman untuk blouse muslim
Lifestyle

Catat! 5 Bahan Blouse Muslim yang Bagus dan Nyaman

Pakaian atau busana ada beragam jenisnya, mulai dari kemeja, setelan, rompi, mantel, jas, gaun, hingga blouse atau blus. Blouse sendiri adalah jenis pakaian tubuh bagian atas yang bermodel longgar. Blouse ada yang bermodel lengan pendek, ada pula blouse muslim dengan lengan panjang.

Dahulu blouse kerap dikenakan oleh para pekerja, seniman, petani, dan wanita. Namun kini seiring dengan perkembangan jaman, blouse umumnya dikenakan oleh wanita. Bahan blouse juga beragam, sehingga bagi Anda yang sedang mencari blouse dengan bahan yang bagus dan nyaman, terlebih dahulu simak artikel di bawah ini!

  1. Kain Katun

Kain katun atau cotton terkenal akan kualitas bahannya yang dingin dan menyerap keringat sehingga nyaman dipakai. Selain itu, kain yang satu ini juga memiliki tekstur yang lembut, halus, serta seratnya cukup kuat. Kain katun berasal dari serat alami yaitu kapas, itulah mengapa kain katun aman dikenakan karena tidak menimbulkan alergi.

Namun kain katun sendiri masih terbagi dalam beberapa jenis, yaitu kain katun Bangkok, katun rayon, katon silk sutra, katun satin Jepang, katun Cina, katun Paris, katun minyak, dan katun ima.

  1. Kain Shantung

Kain yang satu ini adalah salah satu dari sekian jenis kain yang terbuat dari serat sutera. Kain shantung berasal dari provinsi Shandong, Cina. Dahulu kain ini terbuat dari benang sutera, namun lama kelamaan tak sedikit yang menggantinya dengan bahan lain seperti nilon maupun rayon.

Kain shantung juga kerap disebut sebagai wild silk atau sutera kasar karena teksturnya yang sedikit kasar, dan tak jarang pula disebut antique satin. Kelebihan kain shantung diantaranya seratnya awet, kain tahan lama, serta stain resistant atau anti noda.

  1. Kain Satin

Jenis kain yang tak kalah bagus dan nyaman digunakan untuk blouse muslim adalah kain satin. Kain ini disebut dengan satin karena satin adalah sebuah metode dalam pembuatan kain yaitu proses tenun yang bernama teknik satin. Teknik inilah yang menyebabkan kain tampak glossy atau berkilau.

Kain yang satu ini bersifat lembut dan halus, sehingga nyaman digunakan. Namun jangan salah, rupanya kain satin dan sateen berbeda lho! Kain satin sendiri adalah kain yang memiliki serat filament berjenis polyster, sutra, maupun nilon. Sedangkan kain sateen terbuat dari serat shorts-staple yarns atau jenis serat yang pendek menyerupai katun.

  1. Kain Woolpeach

Kain yang satu ini adalah jenis kain yang terbuat dari campuran kain katun, sutera, dan tambahan serat sintetis. Kain woolpeach sendiri di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kain wolfis. Pakaian yang menggunakan kain woolpeach memiliki karakteristik tidak tembus pandang, meskipun kainnya sendiri bersifat ringan dan tipis.

Kain yang satu ini juga nyaman dipakai karena sifatnya dingin dan halus, seratnya juga rapat dan kuat. Kain woolpeach termasuk dalam kain yang tidak mudah kusut dan tidak licin, sehingga mudah disetrika.

  1. Kain Jersey

Kain yang satu ini juga kerap dipilih menjadi bahan utama pakaian seperti blouse, bahkan tak jarang gamis dan hijab juga kerap menggunakan kain jersey sebagai bahan utamanya. Kain jersey merupakan jenis kain rajut dan terbuat dari kombinasi bahan katun dan serat sintetis.

Dinamai jersey karena kain ini berasal dari Pulau Jersey. Tak hanya itu, kain jersey memiliki sifat elastis dan jatuh saat digunakan. Selain elastis, kain ini juga lembut sehingga nyaman digunakan. Kain jersey juga tidak mudah kusut sehingga mudah disetrika.

Itulah 5 bahan blouse muslim yang bagus dan nyaman digunakan. Untuk itu sebelum memutuskan membeli, perhatikan dulu jenis kain yang digunakan agar tak salah pilih.