Cara Mengatasi Penyakit Gastritis
Kesehatan

Cara Mengatasi Penyakit Gastritis

Gastritis adalah penyakit pada lambung yang dimana pada lambung terjadi peradangan didinding lambung. Gastritis yang dibiarkan lama dan diabaikan tidak diberi penanganan dan perawatan yang baik akan menimbulkan maag kronis . Gastritis sendiri dibagi menjadi dua yaitu gastritis akut dan gastritis kronis yang perbedaan dari kedua jenis gastritis adalah jika gastritis akut itu secara tiba tiba peradangan lambung itu terjadi dan mengakibatkan rasa nyeri yang tidak tertahankan dibagian ulu hati tetapi gastritis akut ini terjadi secara sementara jangka waktunya. sedangkan kalau gastritis kronis itu peradangan yang terjadi didinding lambung secara perlahan dan sudah berlangsung lama , rasa nyeri yang dirasakan pada saat terkena gastritis kronis pun tidak sesakit gastritis akut dan biasanya gastritis kronis terjadi dalam waktu yang lumayan lama. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan, ada beberapa cara mencegah penyakit gratritis ini seperti Menerapkan pola hidup yang sehat , membuat jadwal pola makan yang teratur serta memakan makanan yang bernutrisi dan seimbang, mengurangi makanan yang mengandung asam berlebih , mengomsumsi makanan pedas sewajarnya, tidak merokok, tidak mengomsumsi obat obatan terlarang dan tidak meminum minuman keras seperti alcohol. lalu bagaimana jika sudah terkena penyakit gastritis ini , Dilansir dari alodokter cara pengobatan pada penyakit gastritis ini , yaitu :

  1. Obat Antibiotik

Obat antibiotik seperti amoxicilin, tetracycline, clarithromycin dan metronidazole, contoh obat antibiotik yang diberikan oleh dokter kepada penderita gastritis. Penderita gastritis yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori biasanya diresepkan obat amtibiotik ini.

  1. Obat antasida

Obat antasida ini baisanya diberikan untuk penderita gastritis yang akut untuk meredakan gejala gastritis akut . dan juga obat antasida ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dengan cepat dengan cara menetralisasikan asam lambung seperti aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida.

  1. Obat antidiare

Obat ini diberikan kepada penderita gastritis yang mengeluhkan diare terus menerus. tentu obat ini agar mengurangi keluhan diare tersebut , obat diarenya biasanya bismut subsalisilat.

  1. Obat penghambat pompa proton (PPI)

Obat ini memiliki beberapa tujuan yaitu menurunkan produksi asam lambung namun dengan mekanisme kerja yang berbeda , contohnya omeprazole, lansoprazola, esomeprazole, pantoprazole dan rabeprazola.

  1. Obat penghambat histamine 2 (H2 blocker)

Contoh dari obat ini adalah ranitidin, cimetidine dan famotidine yang berfungsi untuk meredakan gejala gastritis , dan sama dengan obat penghambat pompa proton tadi yaitu menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan .

Nah, itu tadi dia adalah cara mengatasi gastritis jika kalian pergi ke dokter akan diberikan obat atau resep tergantung dari apa penyebab dan gejala gastritis yang kalian keluhkan dan kalian rasakan . Tentu saja untuk melakukan penyembuhan gastritis ini perlunya menyesuaikan pola dan kebiasaan hidup pasien seperti mengatur jadwal makan secara teratur . Dokter juga akan menyarankan agar tidak mengomsumsi alcohol atau merokok karena itu akan memperparah keadaan gastritis dan juga mengatur pola makan yang sesuai porsi sedikit tapi lebih sering atau teratur sehingga tidak langsung porsi besar tetapi jarang makan dan sembarangan . Jika gejala gratritis kambuh akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) tersebut ini harus segera dikonsultasikan ke dokter untuk ditindak lanjuti.

Sumber gambar : doktersehat.com