Butuh Pinjaman Cepat? Simak 4 Tips Berikut Sebelum Mengajukan!
Others

Butuh Pinjaman Cepat? Simak 4 Tips Berikut Sebelum Mengajukan!

Walaupun kerap kali berkonotasi negatif, pinjaman cepat tak bisa dipungkiri menjadi solusi keuangan untuk sejumlah keadaan. Namun tentu saja, kamu tetap harus berhati-hati dan bijak dalam mengelola setiap jenis utang. Apalagi saat ini semakin banyak layanan penyedia pinjaman online yang semakin memudahkan masyarakat ketika membutuhkan pinjaman. Salah-salah dalam mengajukan pinjaman dan mengelolanya, bisa-bisa kamu malah terjerat utang. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman cepat, simak dulu 5 tips berikut agar kamu tetap aman!

Cek dulu keamanan penyedia pinjaman cepat yang dipilih

Memang banyak sekali layanan pinjaman online yang tersedia di pasaran. Namun tak semuanya aman. Bahkan beberapa waktu lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan 140 fintech lending tak berizin. Artinya, kamu harus mengecek kembali reputasi layanan pinjaman online yang akan dipilih nantinya. Pastikan lembaga yang akan digunakan adalah lembaga yang legal dan diawasi oleh OJK. Selain itu, pastikan jasa pinjam uang yang akan kamu gunakan ini memiliki histori yang baik, memiliki proses yang transparan, dan juga memiliki fitur-fitur yang menjamin keamanan transaksi di dalamnya.

Bandingkan bunga, tenor, dan limit dengan penyedia pinjaman cepat lainnya

Di balik kecepatan dan persetujuan instan yang ditawarkan fintech, tak jarang lembaga kredit online nakal yang mengenakan bunga mencekik dan tidak transparan soal biaya administrasi hingga biaya denda. Cek kembali hal-hal terkait biaya yang dikenakan. Umumnya, aplikasi pinjaman online akan memberikan tampilan simulasi mengenai berapa jumlah bunga, jumlah cicilan yang harus dibayar per bulannya, hingga total jumlah pinjaman. Kamu bisa membandingkan hasil simulasi dari sejumlah layanan pinjaman online, untuk menemukan yang terbaik dan sesuai denganmu.

Salah satu fintech terpercaya yang bisa dipilih adalah Kredivo. Memiliki cara kerja yang mirip dengan kartu kredit, bentuk pinjaman yang diberikan Kredivo berbentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta, untuk digunakan belanja online dan offline, serta untuk dicairkan dalam bentuk tunai. Kredivo telah mengantongi izin OJK, sehingga tak perlu diragukan keamanannya.

Jangan mengajukan pinjaman cepat jika keuangan tak sehat

Selain memerhatikan sejumlah hal terkait pinjaman cepat yang dipilih, penting juga untuk mengecek kembali kondisi keuanganmu. Banyak orang yang meminjam dana untuk membayar utang. Atau meminjam dana ketika penghasilan mereka tak mencukupi untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Hal ini merupakan hal yang salah. Sebelum kamu menggunakan jasa pinjam uang, pastikan keuanganmu memang sudah siap untuk membayarnya kembali. Supaya lebih mudah, gunakan perhitungan ideal dalam berutang. Maksimal jumlah utang yang bisa diajukan tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan. Di angka tersebut, kondisi keuanganmu terbilang aman.

Pastikan bahwa pinjaman cepat digunakan untuk kebutuhan produktif

Kemudahan pinjam meminjam memang kerap disalahgunakan. Tak sedikit orang yang terlena dan pada akhirnya menggunakan pinjaman tersebut untuk memenuhi keinginan konsumtif. Padahal, kebiasaan ini yang membuat orang menjadi menggampangkan utang dan pada akhirnya terjerat dalam kesalahannya sendiri. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan dana pinjaman untuk hal-hal produktif yang menghasilkan dana tambahan.