Apa yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Tentang Cara Meningkatkan Imunitas Anak?
Kesehatan

Apa yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Tentang Cara Meningkatkan Imunitas Anak?

Anak-anak memiliki imunitas yang lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang meningkatkan resiko anak tertular berbagai penyakit menular seperti COVID-19. Tentu saja, banyak orang tua yang merasa khawatir atas keadaan ini. Lantas, apakah yang harus dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan imunitas anak. Ada beberapa cara meningkatkan imunitas anak. Apabila dilakukan secara teratur, maka imunitas anak dapat menjadi lebih kuat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas anak adalah dengan melakukan imunisasi lengkap bagi anak. Vaksin yang ada pada imunisasi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin akan diberikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pada saat lahir, bayi akan mendapatkan beberapa jenis vaksin seperti Hepatitis B, Polio, dan BCG.

Kemudian, saat berusia 2, 4, 6, dan 18 bulan, bayi akan mendapatkan vaksin DPT. Vaksin ini dapat meningkatkan imunitas bayi terhadap tiga penyakit yaitu Difter, Pertusis, dan Tetanus. Pada usia 9 bulan, bayi juga akan mendapatkan vaksin Campak. Kelima imunisasi tersebut merupakan imunisasi wajib yang harus diberikan kepada bayi. Sebagai tambahan untuk meningkatkan sistem imunitas anak, ada beberapa vaksin lain yang bisa diberikan seperti MMR, PCV, Hepatitis A, dll.

Pemberian ASI juga dapat dilakukan sebagai salah cara tepat untuk meningkatkan imunitas anak. ASI mengandung beberapa antibodi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak seperti Immunoglobulin A, Immunoglobulin E, Immunoglobulin D, Immunoglubulin M, dan Immunoglobulin G. ASI eksklusif diberikan saat bayi berusia 0 – 6 bulan. Setelah itu, ASI dapat diberikan kepada anak sampai usia 2 tahun.

Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Mencuci tangan yang dilakukan secara benar selama kurang lebih 20 detik dapat mencegah sumber penyakit yang ada pada tangan semisal bakteri dan virus untuk masuk ke dalam tubuh anak. Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit menular termasuk COVID-19. Oleh karena itu, ajarilah anak Anda untuk selalu mencuci tangan secara rutin setiap memegang benda kotor, sebelum makan, dan sesudah makan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Ada banyak kandungan nutrisi dari sayur dan buat seperti Vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Keberadaan sel darah putih inilah yang menjadi tameng atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Usahakan anak mengonsumsi sayuran dan buah secara rutin seperti jeruk, brokoli, wortel, dll. Selain itu, anak juga harus mempunyai jam tidur yang teratur. Tidur yang cukup dan dilakukan pada jam teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Kebutuhan istirahat bagi anak berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai orang tua, pastikan bahwa anak memiliki kualitas tidur yang baik serta jam tidur yang teratur.

Sebagai orang tua, salah satu tugas penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh anak adalah dengan memastikan bahwa setiap mainan yang dipegang oleh anak terbebas dari sumber penyakit seperti bakteri dan virus. Oleh karena itu, bersihkan mainan anak secara ruting dengan bahan antiseptik yang mampu membunuh sumber penyakit dan aman bagi kesehatan anak.